Divers Music Studio



Untuk melihat lirik dan mendownload, klik icon di sebelah kanan judul lagu

Advertising

Click here for more.
review www.diversstudio.blogspot.com on alexa.com
Trik pada Pickup Humbucker

pickup Humbucker memiliki 2 coil , dimana apabila kita memiliki pickup humbucker yang memiliki 4 conductor wire (4 kabel ,masing2 sepasang berasal dari 1 coil) , maka kita bisa saja mematikan coil tersebut, alias pickup humbucker kita akan bekerja layaknya single coil pickup

karakter yang dihasilkan oun tentunya juga akan berbeda apabial dihubungkan secara serial / standard wiring. karakternya akan berubah seperti:
1. output melemah (wajar, karena hanya 1 coil aja yg skr aktip , bukan 2 coil yang terhubung secara serial) . output ini berbanding lurus dgn gain , yang apabila masuk ke sound distorsi , pasti suaranya akan lebih tipis dr humbucker normal)
2. frekuensi middle menurun
3. suara lebih jernih
4. suara humming akan timbul (karena effect "humbucking" dari adanya 2 coils yang aktip utk mengeliminasi sekarang tidak berkeja dikarenakan hanya 1 coil saja yang bekerja)

untuk caranya, cukup mudah, hanya dengan "mematikan" kabel + dan - dari salah satu coil yang ingin dimatikan dgn cara dihubungkan ke ground.


Ok kita coba liat ke contoh langsungnya aja,

dlm humbucker pickups ada 2 coil, sebutlah namanya coil A dan coil B.

ambil contoh, misalnya kalo untuk dimarzio : di coil A terdapat 2 kabel, merah (kita sebut +A karena merupakan kabel + dari coil A) dan hitam (kita sebut -A krn merupakan kabel - dari coil A) ,
dan coil B juga terdapat 2 kabel, putih (kita sebut +B) dan hijau ( kita sebut -B), dan juga ada 1 kabel ground utama dari total kediua coil tsb, biasanya tanpa warna karena hanya tembaga saja

untuk mematikan salah satu coil , berarti kita harus menghubungkan semua kabel yang ada di coil tersebut. misalnya kita mau mematikan coil B di dimarzio tersebut, berarti ada 4 kabel yang harus terhubung ke ground, yaitu hitam (dari coil A yang tentunya akan masih aktif), ground utama 9yang tanpa warna) , dan semua coil yang ada di coil B yaitu hijau dan putih . semua terhubung ke ground dan maka demikian, hanya 1 coil saja yang akan aktip yaitu coil A saja.

begitu pual caranya apabila kita hanya mau mengaktipkan coil B aja, berarti coil A hrs dimatikan, maka 2 kabel yg berasal dr coil A harus terhubung ke ground.


catatan tamnbahan :
** untuk penggunaan coil tap switching , biasanya menggunakan switch tipe DPDT untuk yang memiliki 2 humbucker yang mau displitting.

sususan dpdt sendiri kurang lebih seperti :

* *
* *
* *

kalo diberi nomor, maka kita beri angka seperti dibawah ini
1* 2*
3* 4*
5* 6*
(note: angka 1 dan 2 menunjukkan posisi yang lbh dekat ke pantat potensio, sedangkan no 5 dan 6 menunjukkan posisi yang lebih dekat ke kaki potensio)

untuk dpdt yg terdapat seperti di push pull potensio, maka kabel2 dari coil yang akan dihubungkan ke ground adalah ke no 3 atau ke no 4 , sedangkan untuk no 5 dan 6 dihubungkan ke ground. hasil yang diperoleh adalah ketika kita tarik push pull potnya, maka akan diperoleh karakter single coil tadi, karena ketika ditarik tadi sebetulnya kabel yang masuk di posisi 3 dan 4 akan trerhubung ke ground juga.