Divers Music Studio



Untuk melihat lirik dan mendownload, klik icon di sebelah kanan judul lagu

Advertising

Click here for more.
review www.diversstudio.blogspot.com on alexa.com

Pekerjaan di jalur musik

Tulisan ini mungkin bisa bermanfaat bagi yang ingin tahu sedikit tentang berapa jenis sih pekerjaan dibidang musik itu? atau siapa saja sih yang bisa terlibat di balik proses pembuatan musik hingga sampai ke telinga kita. Banyak memang hal yang dapat di tulis di sini jika kita lihat dari judulnya. Berhubung bang aland gk suka ngetik panjang2 (nih aja di singkat2 biar cepet hehe) jadi kita akan sedikit berbagi cerita aja ya.. Kalo ngomong soal musik bang aland emang paling demen apalagi ngobrol bareng orang2 pinter tentang musik, selain buat bahan belajar juga buat inspirator di otak buat terus berkarya dan bekerja hahahaha ( orang pontianak bilang "ya raaabb...").


Namun sebelum kita berbicara panjang lebar mendingan yang pengen ngopi di reguk dulu kopinya, yang mau angkat jemuran di angkat dulu biar gk kena hujan xixixi (kok nyasar ke jemuran). Bang aland pisahin dulu ya beberapa jenis pekerjaan nya. Disini bang aland gk akan nulis terlalu kompleks puluhan halaman seperti pakar musik ya, bang aland kan bukan pakar jadi nulis seadanya aja mengenai beberapa contoh pekerjaan yang mungkin bisa kita pilih jika kita ingin bekerja di jalur musik.

Beberapa penjelasan mengenai contoh pekerjaan di dunia musik

1. Aranger music


Dari namanya aja udah aranger ( bahasa indon nya ngransemen musik gitu deh) Kerjaan ini biasanya di lakoni oleh mereka yang punya banyak ide dan kreatif mengemas musik entah itu bikin lagu (seperti ahmad dhani), bikin backsound sinetron,film dll (seperti Dwiki Dharmawan), bikin playback jingle iklan dan semacamnya (seperti ferdinand) bikin?nulis notasi kecambah (seperti Erwin Gotawa) dan hal2 yg berbau menyusun konsep musik sebelum nantinya jadi lagu atau sekedar musik instrumen aja. Dapet duit gk ya..? ya dapet lah kalo ada yang mau beli hehe , berapa dapatnya ya tanya aja ama mereka yg udah bang aland jadiin contoh tadi.

2. Pencipta lagu


Kalo kerjaan ini tidak harus bisa main musik, menciptakan lagu lebih dekat pada menuliskan lirik lagu dahulu, memilih kata2 yang baik sebelum di gabungkan menjadi musik. Jika sudah ditulis dan memberi arti yang di anggap mewakili tema / tujuan /maksud lagu tersebut barulah nantinya bisa di bicarakan ke tahap arranger (poin 1 di atas).

3.Pemain musik

Pekerjaan ini mutlak membutuhkan pengetahuan minimal pengetahuan dan skill dasar memainkan insrumen musik. Walaupun pekerjaan ini tidak harus bisa menciptakan lagu namun paling tidak harus bisa mengiringi lagu wlaupun cuma pake gitar bolong mainin lagu "Tak gendong" nya mbah surip ('haa..'ha...'ha...'ha...). Jenis pekerjaan ini juga bisa di kombinasikan dengan yang lain di atas misalnya main gitar membawakan lagu ciptaan sendiri berarti Ia dapat dikatakan seorang "Pemain gitar dan pencipta lagu" (contohnya seperti Baim, pongki jikustik, Pay, dsb). Namun ada pula yang kerjanya cuma ngiringin orang nyanyi melulu, seperti Marcell Aulia Bigband (KDI -TPI), Dian HP band (Mamamia - Indosisar), This is Band (Bukan Empat Mata - Trans7) Andi Rianto band ( Indonesian Idol - RCTI ).

4. Penyanyi (vocalis)

Syarat utama dalam pekerjaan ini harus bisa mengeluarkan suara (tidak bisu) hahahaha... kalo bisu gimana dong ya kan..? bagian ini juga dapat di klasifikasikan lagi menjadi penyanyi tunggal (solo), Vocalis band, backing vocal, paduan suara (kor), acapella, dsb. Gk usah di jelasin satu-satu ya.. bang aland lagi capek nulis panjang2 hehe.

5. Produser musik

Nah pekerjaan ini yang bang aland belum terlalu tau seluk beluknya, maklum bang aland gk ada temen produser, nih aja lagi nyari produser (hehe..numpang promo terus) tapi gambarannya kira2 produser itu bekerja bertanggung jaawab memproduksi dan mendistribuaikan musik untuk di pasarkan dalam bentuk produk musik, jasa musik dan termasuk juga dalam hal pemasaran musik itu sendiri ke masyarakat luas.

6. Sound editor, sound engineer, maupun recording engineer

Pekerjaan ini biasanya lebih kompleks ke arah teknis mengenai hal2 di balik Teknik penataan Audio yang dihasilkan istrumen audio, mencakup seluruh bagian dari ilmu tata suara yang berhubungan dengan rekaman dan reproduksi suara menggunakan peralatan khusus seperti mixer, equalizer,reverb,FX System, Squancer, Power Amp. menguasai tehnik micking (microfone). Jika di dalam studio rekaman maka mengacu pada pekerjaan yang menghubungkan seluruh instrumen sumber suara ke alat perekam setelah sebelumnya di olah sedemikian rupa sesuai frekuansi yang tepat untuk di salurkan ke alat perekam anlog maupun digital. Jika di luar studio maka mengacu pada tehnik mendistribusikan, menata seluruh komposisi frekuensi, dari seluruh instrumen sumber musik untuk di distribusikan ke telinga penonton/pendengar.

7. Audio Engineer (Insinyur audio)

Pekerjaan ini berbeda dengan sound engineer, lebih mengacu pada banyak disiplin, termasuk teknik elektro secara mendalam, akustik, psychoacoustics, dan musik.
Tidak seperti teknik akustik layaknya sound engineer, audio engineer lebih pada rekayasa audio tidak berhubungan dengan kontrol kebisingan atau desain akustik. Seorang insinyur audio lebih dekat dengan aspek kreatif dan teknis dari audio bukan rekayasa formal. Seorang insinyur audio harus mahir dengan berbagai jenis media rekaman, seperti pita analog, perekam multitrack digital dan workstation, dan pengetahuan komputer. Dengan munculnya era digital, hal ini menjadi semakin penting bagi insinyur audio menjadi berpengalaman dalam pemahaman integrasi perangkat lunak dan perangkat keras dari sinkronisasi transfer analog ke digital.

8. Operator musik dan music director

Kalo yang ini kerjaan nya biasanya gk jauh dari tombol Play, pause, sama stop, hehe.. contohnya ialah mereka yang bekerja sebagai operator musik di stasiun radio, stasiun TV, atau di mall-mall kalo kita lagi belanja tuh.. . Keterampilannya nya harus pintar menyesuaikan suasana sekitar dengan musik yang di puter, harus pinter juga dalam memilih lagu yang sesuai dengan tema maupun acara yang sedang berlangsung sesuai dengan jalur pekerjaannya.


Nah, sementara segitu dulu ya.., ntar kalo ada tambahan bang aland tambahin lagi kalo bang aland ada waktu ngetik dan udah belajar lagi. Terimaksih sudah membaca.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, namun gunakan lah kata-kata yang sopan. terimakasih